Jumat, 30 Januari 2009 di 20.57 |  

Kampus Larang Aktivitas Politik Praktis

Menjelang Pemilu 2009, kampus menjadi salah satu bidikan parpol untuk menjaring suara sebanyak-banyaknya, termasuk menjadi tempat kampanye politik. Berkaitan dengan hal ini, yang patut menjadi perhatian adalah aktivitas politik praktis tidak diperkenankan dilakukan di dalam lingkungan kampus.

Hal ini dinyatakan oleh Pembantu Rektor (PR) III, Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ), Thelly Sembor, yang mengatakan, "Jika ada parpol yang masuk kampus, maka implikasinya terhadap aktivitas perkuliahan, dan hubungan antara berbagai pihak di institusi ini akan terganggu."

Menurut Thelly, dukungan yang diberikan oleh pihak kampus melalui suara mahasiswa, atau pun para staf akademik pada salah satu parpol akan menyebabkan konflik.

"Akan terjadi tarik ulur suara terhadap satu parpol dan akan terjadi pengkotak-kotakan baik itu di kalangan mahasiswa atau pun para dosen," tegasnya.

Namun demikian, Thelly tidak menampik jika ada parpol yang ingin membangun kerja sama dengan pihak kampus. Dia menyatakan bahwa bentuk kerja sama ini dapat dilakukan, jika tidak ada kompensasi yang mengikat dalam bentuk apa pun, antara kampus dengan parpol yang bersangkutan.

"Parpol bisa saja mensponsori kegiatan di kampus, tapi kami tidak bisa memberikan jaminan bahwa seluruh atau sebagian civitas akademika akan memilih satu parpol tertentu. Memilih adalah hak asasi manusia yang tidak bisa dipaksakan," kata Thelly.

Selain itu, dia juga menekankan, semua organisasi intra kampus, mulai dari tingkat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), hingga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM), harus memiliki jalur koordinasi yang tidak terputus dalam hal menyikapi politik di dalam kampus.

"Artinya organisasi-organisasi ini tidak boleh dijadikan basis suara dan harus mempertahankan independensinya untuk tidak memihak pada parpol tertentu," jelas Thelly. (kpl/bar)
Diposting oleh Nu Kasep

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates