Jumat, 30 Januari 2009 di 19.36 |  
MotoGP Terganggu Krisis Global


772dovizioso-+-pedrosa-02---hp.jpgKrisis ekonomi global menggebuk MotoGP. Tim Suzuki sempat guncang. Bahkan pabrikan sebesar Honda pun digosipin cabut dari balap motor prototipe itu. Ini jelas bikin bos Dorna, Carmelo Ezpeleta ketar-ketir. Honda punya enam rider di tiga tim mereka. Dan, Suzuki, meski 2009 nanti cuma daftarin dua joki dari tim pabrikan, toh mereka konsisten di MotoGP.

Gosip kepergian Honda muncul karena pabrikan ini menyatakan mundur dari balap mobil Formula 1 (F1). Itu diprediksi berdampak ke MotoGP. Sebab, mobil dan motor berada dalam satu payung di Jepang.

Diungkap bos organisasi joki GP (IRTA), Herve Poncharal. “Berhentinya tim F1 Honda yang disampaikan Takanao Tsubouchi, wakil Honda di Motorcycle Sport Manufacturers Association (MSMA), merupakan kejutan. Ia mewakili pabrikan Honda. Tapi ia bukan juru bicara Honda di MotoGP. Dan Tsubouchi juga menyakinkan kami, pabrikan Honda takkan meninggalkan MotoGP. Aku pun telah bicara dengan manajer tim satelit Honda, Fausto Gresini dan Lucio Cecchinello. Mereka tetap percaya Honda akan terus berkiprah di MotoGP,” jelas Poncharal.

Kisruh diperparah dengan kondisi Suzuki. Kesulitan dana ‘Tim Biru Langit’ ini dikemukakan bos mereka, Paul Denning. Ini diungkap setelah tim Suzuki belum juga menunjukkan hasil di MotoGP. “Karena dana, musim depan tetap sulit bersaing dengan Yamaha, Ducati atau Honda,” cetus Denning yang mengacu hasil Chris Vermeulen dan Loris Capirossi.

Tim udah berusaha mendongkrak performa mesin V4 GSV-R. Toh mereka terkendala dana. Apalagi Suzuki udah mengundurkan diri dari kejurdu reli (WRC). “Mengejar ketertinggalan kembali ke soal dana. Dan itu berat dengan krisis ekonomi global. Suntikan dana makin sulit diharap. Suzuki tak perlu menambah budget karena akan memberatkan tim,” lanjut Denning.

Paling penting bagi Denning, Suzuki tetap bertahan di MotoGP. Dengan kombinasi joki tua-muda pada diri Vermeulen dan Capirossi, ia yakin tim ini akan bersuara. “Tim harus tetap mengontrol pengeluaran,” tegas Denning yang masih bernegoisasi dengan sponsor, Rizla.

Hmmm…, mirip krisis road race di Tanah Air, ya!


Diposting oleh Nu Kasep

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates